25October2014

Choice You'r Language

English French German Italian Portuguese Russian Spanish

Advetorial Dinas Pekerjaan Umum Tulang Bawang 2014

 
 

Lampung Timur Kabupaten Termiskin Kedua di Lampung

Lampung Timur Kabupaten Termiskin Kedua di Lampung

Supriyono – lampungtoday.com

LAMPUNG TIMUR : Sungguh sangat ironis. Wilayah yang memiliki area pertanian,  perkebunan, perikanan, pertambangan dan sektor  lainnya sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), justru masuk kategori kabupaten termiskin kedua di Provinsi Lampung.

Potret kemiskinan seakan masih melekat pada Kabupaten Lampung Timur. Meskipun 14 tahun berdiri, memisahkan diri dari Kota Metro, namun seiring perjalanan waktu kabupaten ini justru makin terpuruk dan lambat berkembang untuk  bersaing dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Lampung.

Sebuah pekerjaan berat bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur untuk membawa masyarakatnya keluar dari kemiskinan. Dari data penerimaan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) untuk warga miskin, Kabupaten Lampung Timur mendapat alokasi sebanyak 85 ribu orang lebih masuk kategori rumah tangga miskin (RTM).

Angka ini tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung. Pernyataan ini diperkuat pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Lampung Timur yang menyebutkan, kabupaten ini masuk kategori termiskin kedua di Lampung.

Dari data BPS Lampung Timur, pada tahun 2013 ini Kabupaten Lampung Timur masuk dalam kategori termiskin kedua di Lampung, dengan jumlah RTM sebanyak 189.463.

Untuk kategori desa dan kecamatan termiskin di Kabupaten Lampung Timur yakni Desa Muara Gading Mas, Kecamatan Labuhan Maringgai. Sebab secara kasat mata, kondisi daerah ini sangat memprihatinkan dibandingkan daerah lain di kabupaten setempat.

“Berdasarkan laporan pendataan kurun waktu Juli 2010 hingga September 2011. Sedangkan untuk tahun 2013 ini belum diketahui jumlah pastinya, karena belum ada sensus penduduk,” terang Kepala BPS Lampung Timur, Anwar, Minggu (30/06).

Dari data tersebut, pihaknya berharap pendataan sensus pada tahun 2014 mendatang, Kabupaten Lampung Timur mengalami perubahan, jumlah masyarakat miskinnya menurun. Sebab sudah banyak upaya pemerintah Lampung Timur di tahun 2012 dan 2013 ini melakukan pembenahan di bidang sosial untuk pengentasan kemiskinan,” jelasnya.

Add comment


Security code
Refresh

Kontak :

Jalan Lintas Timur Simpang Bawang Latak, Menggala Tulang Bawang - Lampung - Indonesia

Kritik & Saran Kirim Ke E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

  • Today News
  • Politik
  • Budaya
  • Pendidikan
  • Ekonomi
  • Hukum & Kriminal

Newsletter

Silahkan berlangganan Berita dengan memberikan alamat e-mail Anda.