01February2015

Advetorial BPMPK Pemkab Tulangbawang

 
 

Khamami Kembali Bagikan Kartu BPJS

Khamami Kembali Bagikan Kartu BPJS


Erwin/Roy-lampungtoday.com
Mesuji : Dalam rangka menyukseskan kesehatan masyarakat di Kabupaten Mesuji, hari ini Kepala Dinas Kesehatan Mesuji Budiman Nainggolan,SKM,MM bersama Bupati Mesuji Khamamik,SH membagikan 3194 kartu BPJS tahap I dan II kepada masyarakat di 8 desa di Kecamatan Simpang Pematang kabupaten setempat.

Dalam pembagian kartu sehat yang berlangsung Minggu (01/02/2015) tersebut turut hadir, Kapolres AKBP Trisna Adiarsa, Dandim 0426 Mesuji, Kepala Badan Pemerdayaan Masyarakat Desa (BPMD) drs.Indra kusuma wijaya,MM dan ratusan masyarakat yang ada di 8 desa Kecamatan Simpang Pematang di antaranya Desa simpang pematang, desa budi aji,desa margo rahayu,desa agung batin,desa jaya sakti, desa Rejo binangun,desa Aji Jaya dan desa Mukti karya.

Dalam pidatonya Bupati Mesauji Khamami mengatakan, masyarakat haruslah jeli dalam hal kesehatan hal ini bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya kesehatan' degan kartu BPJS masyarakat dapat berobat secara gratis' BPJS berbeda degan jaminan kesehatan lainnya untuk PBJS itu dapat di dapat secara gratis dan setiap warga di wajibkan membayar Rp 19.252 perbulan.

Khamamik menghimbau, dalam menggunakan BPJS semua pengobatan gratis. Jika masyarakat telah memiliki katu BPJS tinggl menunjukan kartu tersebut ke ke puskesmas, jika puskesmas tidak sanggup dapat di rujuk ke rumah sakit type C seperti RSUD Menggala dan RS. Mardi Waluyo jika masih tidak mampu maka dapat di rujuk ke rumah sakit typ D seperti RSUAM Abdol Moloek Bandar Lampung,

Kalau ada biaya yang di minta oleh oknum tertentu, seperti bidan,dokter atau pihak puskesmas di Kabupaten Mesuji itu adalah ( Pungli) dan akan saya proses' karna mereka telah di bayar oleh pihak asuransi degan menggunakan dana APBD dan APBN.

Kedepan saya berharap BPJS dapat merata di kalangan masyarakat mesuji. Usai pidatonya bupati mesuji bersama kepala dinas kesehatan kabupaten mesuji secara simbolis membagikan kartu BPjS kepada masyarakat di Desa Simpang Pematang.

  • Written by Arek Adhitiya
  • Hits: 57

Hasil Autopsi Bayi Pasangan Indah Dan Nazmi Segera di Gelar

Hasil Autopsi Bayi Pasangan Indah Dan Nazmi Segera di Gelar

 

Alex BW – lampungtoday.com

Lampung Utara : Polres Lampung Utara memastikan hasil autopsi bayi buah hati pasangan Indah Asriani dan Nazmi Warga Jalan Kapten Mustofa, Tanjung Harapan, Kotabumi, Lampura, akan segera digelar. Menurut Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Reskrim Polres Lampura, Iptu Supriyanto, setelah berkoordinasi dengan tim forensik di Rumah Sakit Abdul Moelok Bandar Lampung maka akan segera dilakukan pemeriksaan ahli dan dari hasil autopsi akan diperjelas oleh tim ahli. " Mudah-mudahan dalam satu atau dua minggu ini,” ucap Iptu Supriyanto, Minggu (01/02/2015).

Saat ditanya mengapa proses hasil autopsi terkesan lamban, Iptu Supriyanto menerangkan jika pihaknya tidak memiliki kendala dalam proses tersebut. ” Dan hanya saja ini (autopsi) adalah proses yang dilakukan oleh tim sendiri ke Universitas Indonesia (UI) kemudian dari UI ke tim forensik. Selain itu pula, dokter forensik sedang melaksanakan Umroh jadi kita harus menunggu,” kilahnya.
Ditambahkannya, hasil autopsi tanpa ada ahli tidak bisa dibaca. ” Kita membaca harus didampingi para ahli. Mudah-mudahan satu atau dua minggu kedepan kita bisa lihat, dengar, dan kita sama-sama bisa mengetahui hasil dari autopsi tersebut,” tandasnya.

Sekedar mengingatkan, Tim Forensik Polres Lampung Utara (Lampura) bersama Tim Forensik Polda Lampung lakukan pembongkaran makam bayi buah hati pasangan Indah Asriani dan Nazmi Warga Jalan Kapten Mustofa, Tanjung Harapan, Kotabumi, Lampura, guna kepentingan autopsi. Pembongkaran dilakukan, di pemakaman umum Penitis, Tanjung Aman, Lampura, Minggu (14/12/2015) sekitar pukul 07.00 Wib. Autopsi itu sendiri dilakukan diruang jenazah Rumah Sakit Ryacudu Kotabumi, sekitar pukul 10.00 Wib.

Autopsi itu dilakukan dikarenakan Indah Asriani tidak terima atas kematian anak keduannya yang baru saja dilahirkannya secara normal di RS Handayani. Korban melaporkan Rs Handayani pada 30 September 2014 atas dugaan Malapraktek yang menyebabkan hilangya nyawa orang lain.

  • Written by Arek Adhitiya
  • Hits: 58

Ini Dia Situasi Terakhir Banjir Kampung Bugis Menggala

Ini Dia Situasi Terakhir Banjir Kampung Bugis Menggala

Arek Adhitiya – lampungtoday.com

Tulangbawang : Inilah suasana Kampung Bugis Kecamatan Menggala Kabupaten Tulangbawang Minggu (01/02/2015). Pasca hujan lebat yang mengguyur Menggala dalam beberapa hari terakhir ini membuat air sungai Tulangbawang meluap dan menggenangi beberapa kampung dan ratusan rumah yang ada di kabupaten tersebut.

Apriyani warga Kampung Bugis mengatakan, sejak satu minggu terakhir ini beberapa rumah yang ada tak jauh dari Sungai Tulangbawang terenang banjir. Ia menambahkan banjir tersebut terjadi lantaran intensitas curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari Kabupaten Lampung Utara. Ia dan beberapa warga lainnya harus selalu waspada, sebab dikhawatirkan air akan kembali naik dan membahayakan jiwa keluarganya.

Senada dengan Apriyani, Munir yang juga warga Kampung Bugis Kecamatan Menggala mengatakan, bahwa sejak seminggu lalu ia dan keluarganya harus siap siaga menghadapi bahaya banjir. Sebab tidak menutup kemungkinan debit air akan terus meninggi mengingat curah hujan yang tirin masih sangat tinggi.

Untuk mengantisipasi banjir susulan, ia dan beberapa warga lainnya harus repot memindahkan barang-barang seperti TV, Kulkas, Sepeda Motor dan barang-barang lainnya ke tempat yang lebih aman sampai air yang menggenangi rumah meraka surut.

Terkait banjir tersebut, ia dan warga sekitar berharap kepada pemerintah Kabupaten Tulangbawang agar segera mengambil langkah untuk mengantisipasi bajir yang saat ini menggenangi ratusan rumah yang ada di Kampung Bugis. Selain itu ia juga berharap agar pemerintah untuk segera membuat tanggul penangkis dengan harapan dapat mengantisipasi luapan air sungai Tulangbawang agar tidak lagi terjadi banjir seperti saat ini.

  • Written by Arek Adhitiya
  • Hits: 55

Polres Tuba : Kakam Trijaya Dipastikan Korupsi Dana ADK 2014, Bukan Ami Iswandi

Polres Tuba : Kakam Trijaya Dipastikan Terlibat Korupsi ADK 2014, Bukan Ami Iswandi

Arek Adhitiya – lampungtoday.com

Tulangbawang : Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polres Tulangbawang pastikan Kepala Kampung Trijaya Kecamatan Penawar Tama Tulangbawang terlibat dalam kasus Alokasi Dana Khusus (ADK) tahun 2014 lalu.

Kanit Tipikor Polres Tulangbawang Cipto mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan pihaknya terhadap beberapa saksi terkait kasus ADK di Kampung Trijaya ditemukan banyak kejanggalan dan tidak sesuai. Pasalnya dari hasil cros cek pihaknya terhadap SPJ yang dibuat oleh Kepala Kampung Trijaya diduga adanya pelanggaran hukum terhadap pembuatan SPJ ADK tersebut.

"Jadi SPJ yang dibuat Kepala Kampung mengenai ADK tahun 2014 lalu itu terdapat dugaan adanya pemalsuaan tanda tangan yang dibuat aparat kampung , jadi itu yang sedang kita dalami," terangnya, Minggu (01/02/2015).

Cipto menambahkan untuk menangani kasus Korupsi dana ADK tahun 2014 yang melibatkan Kepala Kampung Trijaya Kecamatan Penawar Tama, pihaknya telah bantuan BPMKP Tulangbawang melalui Kepala Bidang Pemerintah Kampung / Kelurahan M. Ami Iswandi Ismet Balaw, untuk membantu kami dalam memberikan data dan menyeleasaikan masalah ini.

"Jadi Ami Iswandi kita panggil itu bukan sebagai tersangka apalagi sebagai saksi, Namun Ami kita panggil untuk membantu kami karena ada berkas - berkas yang memang kami inginkan dan perlukan, Jadi status Ami bukan kita panggil tetapi kita perlukan saja ,bukanya sebagai tersangka atau saksi, hanya sebatas diperlukan saja, hanya itu saja tidak ada yang lain," ungkapnya.

Yang jelas Tegas Cipto terkait kasus ADK di Kampug Trijaya Penawar Tama tersebut yang di duga kuat terlibat adalah pihak Aparat Kampung dan Kepala Kampung bukan M. Ami Iswandi Ismed Balau, seperti yang diberitakan selama ini.

Terpisah Kepala Bidang Pemerintahan Kampung / Kelurahan BPMPK Tulangbawang. M Ami Iswandi Ismet Balawa,S.Kom,M.M membenarkan jika dirinya diminta Tipikor Polres untuk membantu menyelesaikan permasalahan ADK tersebut.

"Iya bener, saya hanya membantu pihak penyidik saja, mengenai tata cara administari dan peraturanya hanya itu saja, karena memang seluruh anggaran ADK baik tahun 2013 maupun 2014 lalu telah realisasikan melalui mekanisme transper langsung ke rekening atas nama kampung / keluruhanya sesuai prosedur," ujarnya.

Selain itu Sambung Ami terkait permasalahan Tipikor Polres Tulangbawang tersebut , pihaknya bukan dipanggil secara resmi , melainkan hanya sebatas membantu bagiaan pihak penyidik dalam menyelesaikan proses permasalahan ADK.

"Jadi bukan sebagai saksi , apalagi sebagai tersangka , Bukan karena yang membuat SPJ dan merealisasiknya itu Kepala Kampung berserta aparat kampung, Jadi status saya hanya membantu pihak Tipikor Polres saja dalam menjelaskan mengenai aturan ADK, Karena semua atas nama perorangan , termasuk tanda tangan realisasinya anggota, kepala kampung dan bendahara kampung," pungkasnya. 

  • Written by Arek Adhitiya
  • Hits: 77

Dr. Feby Levarina : Insya Allah RSUD Menggala Menjadi Type B

Dr. Feby Levarina : Insya Allah RSUD Menggala Menjadi Type B

Arek Adhitiya - lampungtoday.com

Tulangbawang : Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Menggala Dr. Feby Levarina, M.kes.Sp.PK,optimis jika dalam waktu dekat RSUD milik Pemkab Tulangbawang tersebut akan naik status dari type C menjadi type B. Optimisme tersebut didasarkan atas apresiasi dan tanggapan positif dari tim Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, yang melakukan kunjungan pada Sabtu (31 /01/2015).

Direktur RSUD Menggala Dr. Feby Levarina, M.kes.Sp.PK, mengatakan jika permohonan pihak RSUD Menggala untuk menaikan status mendapat dukungan penuh dari pihak pemerintah pusat.

"Berdasarkan surat resmi  yang kami terima pihak Kemenkes Ri menurunkan Tim terdiri dari 4 orang  yang di ketuai oleh Dr.Ian,tim tersebut datang ke RSUD Menggala selama sehari pada (31/01/2015). Mereka melakukan peninjauan guna penilaian dan kajian mendalam, apakah layak atau tidaknya RSUD Menggala di naikan statusnya menjadi type B.

Ia menjelaskan pada saat penilaian Tim melakukan ispeksi lapangan,serta mengumpulkan data,dan memeriksa seluruh, berkas admitrasi. Selain itu lanjutnya Tim juga melakukan peninjauan Bangunan Fasilitas pelayanan,tenaga medis dan wawancara langsung dengan Pegawai RSUD dan fasien.

Dihadapan tim Kemenkes RI Direktur RSUD Menggala Dr. Feby Levarina, M.kes.Sp.PK, memaparkan berbagai potensi  dan prestasi yang selama ini telah di raih. Selain itu ia juga menjelaskan dalam pelayanan BPJS, RSUD Menggala menjadi rujukan regional dari 7 Kabupaten yakni Kabupaten Tulangbawang,Mesuji, Tulang Bawang Barat, Way Kanan, Lampung Utara, Lampung Tengah dan terkahir kabupaten Pesisisir Barat.

Sementara ditempat  yang sama Ketua Tim Penilaian dan Pengkajian  Kemenkes Ri Dr.Ian menegaskan, jika peluang RSUD Menggala untuk naik menjadi type B sangat besar di bandingkan dengan RSUD type C lainya.

"Dilihat dari usia RSUD Menggala sebenarnya masih muda berdiri  tahun 2006,namun perkembanganya sangat luar biasa pesatnya lihat saja ada 2 orang dokter sub spesialis di perbantukan ke RSUD Abdoel Moeluk,ini sesuatu yang jarang terjadi.patut kami Apresiasi,"tegasnya.

Ia menambahkan pihaknya akan segera melaporkan Hasil kerja tim langsung kepada Menteri Kesehatan Ri. "Hasil kajian dan penilaian nantinya akan kami bahas lebih lanjut di tingkat internal,dan nantinya kami (tim red) juga akan berupaya maksimal dengan memberikan masukan-masukan penting sesuai dengan fakta,mudah-mudahan tidak ada kendala sehingga secepatnya RSUD Menggala naik status menjadi type B.

  • Written by Arek Adhitiya
  • Hits: 79

Subcategories

Kontak :

Jalan Lintas Timur Simpang Bawang Latak, Menggala Tulang Bawang - Lampung - Indonesia

Kritik & Saran Kirim Ke E-mail : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. , This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Newsletter

Silahkan berlangganan Berita dengan memberikan alamat e-mail Anda.